Bahaya Dibalik Nikmatnya Secangkir Kopi

Bahaya Dibalik Nikmatnya Secangkir Kopi

LIFE STYLE

KABARLIVE.COM – Secangkir kopi di pagi hari akan terasa nikmat, apalagi jika diselingi dengan sepiring pisang goreng dan sebatang rokok.

Namun tahukah Anda apa akibatnya bila terlalu sering minum kopi?Mengonsumsi kopi jika sudah berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Misalnya saja kecanduan kopi, sembelit atau gigi jadi kuning.

Berikut ini beberapa efek negatif yang ditimbulkan oleh minuman kopi:

1. Luka pada lambung

Asam lambung sebenarnya berfungsi untuk membunuh kuman pada saat saat mencerna makanan. Asam lambung akan menjadi perusak permukaan dinding lambung jika minum kopi saat perut kosong.

2. Ketergantungan

Pada sebagian orang, kopi merupakan obat untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun jika sering mengonsumsi kopi, maka kejadian ini akan berbalik menjadi kecanduan pada kopi dan jadi mudah mengantuk jika tidak minum kopi.

3. Sering kencing dan sembelit

Kafein dalam kopi bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga sering buang air kecil dan membuat BAB menjadi agak susah yang berakibat pada terjadinya sembelit.

4. Asam lambung

Pada dasarnya, ada 2 kadar jenis rasa yang terkandung dalam kopi, yaitu pahit dan asam. Kopi yang diminum saat perut masih kosong bisa menyebabkan asam dalam lambung naik ke kerongkongan sehingga memicu terjadinya asam lambung.

5. Gigi bernoda dan berlubang

Kopi merupakan penyebab lain gigi bernoda selain rokok. Selain menyebabkan perubahan warna pada gigi, pada jangka panjang juga akan terjadi lubang pada gigi.

6. Susah tidur dan gelisah

Banyak orang bilang susah tidur setelah minum kopi. Namun pada kondisi tertentu, semisal karena mengonsumsi kopi berlebihan, efek simultant yang terkandung dalam kafein bisa memacu pergerakan jantung dan pembangkit tenaga, maka yang terjadi malah berbalik seperti mudah gelisah sekaligus jantung berdebar-debar sehingga menyebabkan kita susah tidur.