Cara Alami Untuk Memperbanyak ASI

7 Cara Alami Untuk Memperbanyak ASI Dengan Mudah dan Cepat

HEALTH LIFE STYLE

KABARLIVE.COM – ASI adalah nutrisi yang sempurna untuk tumbuh kembang bayi yang baru saja lahir. Selain kandungannya yang sangat banyak, asi juga menjadi penghubung antara anak dan ibunya.

Dengan ASI bayi akan tumbuh sehat dan jarang terkena penyakit karena imun tubuhnya yang masih lemah. Nah.. bagaimana jika anda merasa bahwa payudara Anda tidak benar-benar memproduksi banyak ASI, sehingga membuat Anda khawatir bayi Anda tidak mendapat cukup Nutrisi. Ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produksi ASI di payudara Anda dengan mudah dan cepat.

Sebenarnya selain menggunakan makanan dan minuman seperti daun katuk, kacang-kacangan dan sayuran hijau untuk meningkatkan jumlah ASI, seorang ibu menyusui juga bisa meningkatkan ASI mereka dengan beberapa metode alami.

Berikut adalah 7 cara alami yang bisa dilakukan oleh seorang ibu untuk memperbanyak ASI.

Pastikan bayi hanya menyusi dari payudara Anda

Jika bayi membutuhkan suplemen atau makanan tambahan Anda dapat memberikannya dengan menggunakan sendok atau cangkir. Akan tetapi untuk ASI, usahakan bayi hanya mendapatkannya dari payudara Anda.

Isapan bayi yang kuat pada payudara Anda akan secara otomatis merangsang tubuh ibu untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Meningkatkan frekuensi dan durasi dalam menyusui

Alih-alih menyusui setiap 2 jam sekali, cobalah untuk menawarkan bayi Anda untuk menyusui setiap satu jam sekali, atau biarkan bayi Anda memutuskan kapan harus menyusui dan kapan harus berhenti. Metode ini juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh seorang ibu untuk memproduksi ASI.

Menyusui dengan metode berpindah-pindah

Ketika Anda menyusui bayi, dan saat Anda merasa ASI yang terdapat di dalam payudara Anda tidak cukup banyak. Anda dapat melakukan metode berpindah, yaitu dari payudara sebelah kiri ke sebelah kanan, atau sebaliknya. Lakukan perpindahan setiap beberapa menit sekali, atau 10 (sepuluh) menit sekali.

Menyusi 2 (dua) kali

Metode berikut ini sangat mirip dengan metode pada poin nomor 3. Akan tetapi pada bagian ini Anda dapat memberikan kebebasan pada bayi untuk memilih payudara sebelah mana yang diinginkannya. Setelah sang bayi puas menyusu. Anda dapat menegakkannya sebentar sambil berinteraksi hingga bayi bersendawa. Setelah itu Anda dapat menawarkan kembali payudara mana yang diinginkan oleh bayi. Metode ini akan merangsang reflek ejeksi ASI (daya semprot) payudara.

Sentuhan kulit

Di lain waktu mungkin Anda ingin menyusui sambil bersantai, terutama saat berada di rumah. Anda bisa menggunakan baju dengan kancing terbuka untuk menempelkan kulit Anda pada kulit bayi.

Tahukah Anda bahwa kedekatan antara Anda dan bayi, terutama kontak fisik dari kulit ke kulit dapat mendorong bayi untuk menyusui lebih baik dan lebih sering.

Berbaring dan santai

Jika semua cara di atas gagal Anda bisa memilih untuk berbaring di atas kasur dengan bayi Anda. Kondisi yang santai dan rileks akan meningkatkan hormon penghasil susu ditubuh Anda.

Bayangkan Anda memiliki jumlah ASI yang banyak

Seorang ibu bisa meningkatkan produksi ASI mereka dengan cara yang sangat sederhana, yaitu, dengan “membayangkan mereka memiliki ASI yang banyak untuk diberikan kepada bayi”, sehingga bayi menjadi puas.

Hanya dengan membayangkan Anda memiliki ASI yang banyak dan kepuasan bayi, dapat membantu reflek ejeksi (semprotan) ASI payudara meningkat.

Jadi bagi anda para bunda, jangan pernah menyerah untuk memberikan yang terbaik untuk sang buah hati.